Kamis, 03 Juli 2008

Kasiat Lidah Buaya (Aloevera)

Lidah Buaya bukan tanaman asing bagi kita. Sayangnya,meski sudah dikenal lama, hanya sedikit masyarakat yang tahu manfaat dann khasiat tanaman ini. Di dalam daun lidah buaya terkandung beberapa zat yang sangat baik untuk perawatan kecantikan dan obat.

Tanaman lidah buaya (Aloe Vera Linn) sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Tanaman ini berasal dari Afrika. Lidah buaya masuk ke Indonesia dibawa oleh petani keturunan Cina pada abad ke-17. Sebutan untuk tanaman ini sangat bervariasi, tergantung negara tempat tumbuh. Di Indonesia : lidah buaya, Malaysia : jadam, Cina : luhui, Filipina : natau, India : musabbar dan Jerman : aloe.

Lidah Buaya dapat tumbuh di daerah kering, seperti Afrika, Asia dan Amerika. Hal ini disebabkan tumbuhan tersebut dapat menutup stomata (mulut) daun sampai rapat pada musim kemarau untuk menghindari kehilangan air dari daunnya. Lidah buaya juga bisa tumbuh didaerah beriklim dingin. Kelemahannya, jika ditanam didaerah basah dengan curah hujan tinggi, mudah terserang cendawan.

Batang tananam lidah buaya berserat atau berkayu. Pada umumnya sangat pendek dan hampir tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah.

Daun lidah buaya berbentuk tombak dengan helaian memanjang, berdaging tebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, dan memiliki lapisan lilin dipermukaan. Daun lidah buaya bersifat sekulen, yakni mengandung air, getah dan lendir.

Bunga lidah buaya berbentuk terompet sepanjang 2-3 cm, berwarna kuning, dan tersusun berjuntai melingkari ujung tangkai menjulang ke atas. Liah buaya berakar serabut.

KANDUNGAN LIDAH BUAYA

Lidah buaya mengandung dua jenis cairan, yakni bening seperti jelly dan cairan berwarna kekuningan yang mengandung aloin. Jelly lidah buaya dapat diperoleh dengan belah batangnya. Jelly mengandung zat antibakteri dan anti jamur. Didalam jelly juga terkandung salisilat, sehingga bisa meredam sakit dan antibengkak.

Sedangkan cairan berwarna kekuningan yang mengandung aloin berasal dari lateks yang terdapat dibagian luar kulit. Cairan ini bisa digunakan untuk obat pencahar.

Cairan lidah buaya memiliki keasaman (PH) mirip kulit manusia. Hal ini dapat menghindari terjadinya alergi kulit bagi pemakainnya. Adanya senyawa lignin dan polisakarida memberi kemampuan untuk menembus kulit secara baik, sekaligus sebagai media pembawa zat-zat nutrisi yang diperlukan kulit. Asam amino yang terkandung didalamnya akan membantu perkembangan sel-sel baru, sekaligus menghilangkan sel-sel yang telah mati.

Ambil 30 gram lidah buaya dan 3 buah mengkudu matang. Setelah dikupas lalu di blender bersama mengkudu. Tuangkan air secukupnya lalu rebus sampai mendidih. Minum selagi hangat, pagi dan sore

3 comment:

Anonim mengatakan...

artikel anda ada di:

http://kecantikan.infogue.com
http://kecantikan.infogue.com/kasiat_lidah_buaya_aloevera_


anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Anonim mengatakan...

mmm...sebenernya semua tanaman pasti punya khasiat, iya kan?
Tapi yah kadang2 males banget ngeramunya, kurang praktis sih, hehehe

I Ketut Riasmaja mengatakan...

Wiiik... baru tau kalo lidah buaya juga punya kasiat laen... setau saya cuma buat nyuburin rambut doank...

Keren ne tips nya...